Marketing Online adalah strategi atau metode untuk mengenalkan konsumen/publik dengan brand/produk/jasa sebuah perusahaan/bisnis. Pemasaran online atau disebut juga sebagai internet marketing atau sebagian orang menyebutnya iklan online.
Marketing yg efektif saat ini menggunakan media
internet, karena :
- 1. Biaya lebih murah
- 2. Jangkauan lebih luas
- 3. Buka 24 jam
Pengaruh perkembangan teknologi dan internet :
- 1. Toko-toko mulai berhenti beroperasi
- 2. Cd mulai ditinggalkan (orang lebih suka download)
- 3. Hilang budaya membaca (koran berkurang peminatnya)
- 4. Jarang sms/telpon menggunakan pulsa (karena ada wa, bbm, line, dll), sehingga operator seluler rugi 382 triliun
- 5. Menulis diganti dengan foto materi
Jenis-jenis media marketing online :
- 1. Web/blog
- 2. Social media
Penerapan marketing online :
- 1. Orang tahu bahwa Anda siapa
- 2. Orang tahu Anda menjual apa
- 3. Orang percaya pada anda karena anda memiliki nilai positif
- 4. Orang puas dengan anda
- 5. Orang bertransaksi dengan anda serta merekomendasikan anda ke orang lain
Video marketing (Youtube)
Optimasi basic video pada youtube :
- 1. Gunakan title, deskripsi, keyword/tag yang relevan dengan tujuan video anda
- 2. Gunakan data riset untuk mendapatkan kata kunci yang pas untuk target produk/jasa
- 3. Manfaatkan social media untuk mendapatkan trafik pengunjung video youtube anda
Beberapa hal yang sering dilupakan oleh pemain
youtube :
- 1. Menampilkan hasil dari relevansi objek dengan kata kunci yang diinput
- 2. Mesin pencari bukan manusia yang memiiliki mata dan telinga yang secara jelas menampilkan hasil penelusuran yang diinginkan user
- 3. Setiap objek memiliki variabel identitas yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat mesin pencari dalam menemukan objek yang dibutuhkan user
Search Engine Optimization (SEO)
Manfaat dan keuntungan :
- 1. Mendatangkan trafik potensial ke web
- 2. Meningkatkan penjualan
- 3. Meningkatkan daya saing
- 4. Meningkatkan brand awareness bisnis anda
- 5. Mendapatkan data customer anda dengan gratis
Jenis-jenis SEO :
- 1. SEO Organik
- 2. SEO Non Organik
Penerapan SEO :
Ada banyak cara untuk melakukan SEO
Organik, yang pada intinya adalah mencari dukungan (backlink) dari website/blog
lain yang membantu menyebarkan alamat website kita (anchor text). Mesin pencarian
(google) menerapkan sebuah algoritma dalam menentukan website mana yang cocok
untuk ditampilkan pada halaman pencarian user.
Standart algoritma yang diinginkan mesin pencarian :
- 1. Konten yang unik dan fresh
- 2. Struktur web yang baik
- 3. Backlink yang relevan & hight authority
0 komentar:
Posting Komentar